1.
1 1. sumber-sumber potensial
Proses penyaringan ide disebut screening yang merupakan suatu cara terbaik untuk menuangkan ide potensial menjadi produk atau jasa riil
Menganalisis pasar yang meliputi aspek:
• Analisis demografi pasar
• Analisis serta tingkah laku pesaing
• Analisis keunggulan bersaing pesaing dan kevakuman pesaing yang dapat dianggap dapat menciptakan peluang
mengamati potensi-potensi yang dimiliki pesaing, misalnya:
• Kemungkinan pesaing mengembangkan produk baru
• • Dukungan keuangan
• Keunggulan-keunggulan yang dimiliki pesaing di pasar
Memperhitungkan resiko
Resiko pesaing, kemampuan dan kesediaan pesaing untuk mempertahankan posisi pasarnya:
• Kesamaan dan keunggulan produk yang dikembangkan pesaing
• Tingkat keberhasilan yang dicapai pesaing dalam pengembangan produknya
• Seberapa besar dukungan keuangan pesaing bagi pengembangan produk baru
2. Surya paloh pada saat itu mengembangkan suatu idenya dengan keunggulan surat kabar, Pertama, halaman pertama dan halaman terakhir di cetak berwarna. Kedua, pengungkapan informasi kelihatan menarik dan berani.yang pada saat itu belum ada media yang seperti ini.dengan resiko-resiko yang besar terutama keuangan.
3.ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yang riil, maka wirausaha harus
bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus-menerus.
Proses penjaringan ide atau disebut screening merupakan suatu cara terbaik
untuk menuangkan ide potensial menjadi produk dan jasa riil. Adapun
langkah dalam penjaringan ide dapat dilakukan sebagai berikut ;
bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus-menerus.
Proses penjaringan ide atau disebut screening merupakan suatu cara terbaik
untuk menuangkan ide potensial menjadi produk dan jasa riil. Adapun
langkah dalam penjaringan ide dapat dilakukan sebagai berikut ;
- Menciptakan produk baru dan berbeda
- Mengamati pintu peluang
- Analisis produk dan proses produksi secara mendalam Menaksir biaya awal
- Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi
4. menurut Casson ada beberapa yang harus dimiliki oleh wirausaha yaitu:
a. Self knowledge, yaitu memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukan atau ditekuninya.
b. Imagination, yaitu memiliki imajinasi, ide, dan perspektif
a. Self knowledge, yaitu memiliki pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukan atau ditekuninya.
b. Imagination, yaitu memiliki imajinasi, ide, dan perspektif
c. Practical knowledge, yaitu memiliki pengetahuan praktis misalnya pengetahuan teknik, desain,
d. Search skill, yaitu kemampuan untuk menemukan, berkreasi, dan berimajinasi.
e. Foresight, yaitu berpandangan jauh ke depan.
f. Computation skill, yaitu kemampuan berhitung dan kemampuan memprediksi keadaan masa yang akan datang.
g. Communication skill, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, bergaul, dan berhubungan dengan orang lain
e. Foresight, yaitu berpandangan jauh ke depan.
f. Computation skill, yaitu kemampuan berhitung dan kemampuan memprediksi keadaan masa yang akan datang.
g. Communication skill, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi, bergaul, dan berhubungan dengan orang lain
contohnya: surya paloh selain berbisnis juga ia ikut berorganisasi di partai golkar.
5.Penyaringan ide adalah proses pemilihan terhadap ide-ide yang terkumpul dengan berbagai pertimbangan untuk memilih sejumlah ide terbaik dan konsisten dengan tujuan pengembangan produk.
6. kegagalan dalam menjalankan usahanya:
- Kurangnya kehandalan SDM dan tidak kompeten dalam manajerial
- Tempat usaha dan lokasi yang kurang memadai..
- Kurangnya pemahaman dalam pengadaan, pemeliharaan, dan pengawasan Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi perubahan teknologi. teknologi.
- Keuntungan yang tidak mencukupi.
- Tidak adanya produk yang baru.
7.Bentuk dari usaha membuat suatu jaket yang digandrungi para remaja dengan keunggulan kualitas yang setara dengan para distro namun harga dibawah para distro dan dapat membuat desain jaket sendiri atau you can create your desain walaupun hanya membeli 1 unit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar