Kamis, 03 November 2011

Jawaban Bab 2

1. Inovasi adalah suatu proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru.
Untuk menghasilkan perilaku inofatif seseorang harus melihat inovasi secara mendasar sebagai proses yang dapat dikelola (John Adair,1996)

2. Peranan inovasi dari seorang pengusaha dapat mengubah pasar dan “aturan main” yang sudah ada. Pengusaha yang dapat menciptakan jenis barang baru akan memberi keuntungan bagi pasar sehingga lebih banyak terdapat pilihan bagi konsumen

3. Proses Inovasi : Melihat Peluang, Mengeluarkan Ide, Mengkajikan Ide dan Implementasi.

4. Menurut Robert W. Olson : Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta. Kreativitas dianggap sebagai kemampuan untuk menghasilkan gagasan baru atau wawasan yang segar.

5. Arti penting Inovasi dalam Kewirausahaan
Ada lima jenis inovasi yang penting dilakukan wirausaha, yaitu:
– Pengenalan barang baru atau perbaikan barang yang sudah ada.
– Pengenalan metode produksi baru.
– Pembukaan pasar baru, khususnya pasar ekspor atau daerah yang baru.
– Penciptaan/pengadaan persediaan (supply) bahan mentah atau setengah jadi baru.
– Penciptaan suatu bentuk organisasi industri baru.
Untuk membangun perusahaan inovatif, Kotler menekankan pentingnya sejumlah faktor sebagai berikut:
– Adanya budaya penemuan, setiap organisasi bisnis harus disesaki orang-orang yang punya semangat inovasi.
– Mengembangkan inovasi sebaiknya berdasarkan riset, sebab, perusahaan dikatakan inovatif kalau secara sengaja membangun dan melakukan proses untuk menghasilkan temuan baru.


6. Menurut Zimmererr (1996) untuk mengembangkan ketramplan berfikir, seseorang
menggunakan otak sebelah kanan. Sedangkan untuk belajar mengembangkan
ketrampilan berpikir digunakan otak sebelah kiri, cirri-cirinya :
• Selalu bertanya : Apa ada cara yang lebih baik?
• Selalu menantang kebiasaan, tradisi dan kebiasaan rutin
• Mencoba untuk melihat masalah dari perspektif yang berbeda
• Menyadari kemungkinan banyak jawaban ketimbang satu jawaban
yang benar
• Melihat kegagalan dan kesalahan sebagai jalan untuk mencapai sukses
• Mengkorelasikan ide-ide yang masih samar terhadap masalah untuk
menghasilkan pemecahan inovasi
• Memiliki ketrampilan helicopter yaitu kemampuan untuk bangkit di atas
kebiasaan rutin dan melihat permasalahan dari perspektif yang lebih luas
kemudian memfokuskannnya pada kebutuhan untuk berubah. 

7. Cara meningkatkan kreativitas dalam berwirausaha adalah dengan mengubah cara berpikir dan proses bertindak. Walaupun demikian, berbagai riset telah dilakukan untuk mencari cara-cara meningkatkan kreativitas dalam proses pemecahan masalah, yaitu :
- Perumusan masalah secara kreatif, adalah usaha yang dilakukan untuk menghindar dari perumusan masalah yang sudah jelas. Tapi coba berpikir secara divergen dan bukan konvergen dengan melontarkan pertanyaan baru maupun mencoba melihat dari sudut pandang yang berbeda agar memperoleh kemungkinan baru.
- Bertanya, Intinya adalah dengan terus-menerus melontarkan pertanyaan untuk memperbesar terciptanya solusi yang kreatif. Untuk membangkitkan sikap bertanya adalah dengan melontarkan pertanyaan, tanpa perlu khawatir apakah pertanyaan yang kita ajukan salah atau karena pertanyaan tersebut orang lain menganggap kita bodoh.

9. Faktor yang mempengaruhi kreativitas :
Kreativitas dapat terwujud membutuhkan adanya dorongan dalam diri individu (motivasi intrinsik) dan dorongan dari lingkungan (motivasi ekstrinsik).
A.    Motivasi Untuk Kreativitas
Pada setiap orang ada kecenderungan atau dorongan untuk mewujudkan potensinya, membentuk hubungan-hubungan baru dengan lingkungannya dalam upaya menjadi dirinya sepenuhnya (Rogers, 1982 dalam Munandar, 1988).
B.     Kondisi Eksternal yang mendorong perilaku kretivitas
Kondisi eksternal (dari lingkungan) secara konstruktif ikut mendorong munculnya kreativitas. Kreativitas memang tidak dapat dipaksakan, tetapi harus dimungkinkan untuk tumbuh.
10. Nama Pemilik : Surya Paloh
Nama Perusahaan : Media Group
Produk yang dihasilkan : Metro Tv, Media Indonesia
Visi/Misi : Mencerdas masyarakat Indonesia
Sejarah Pemilik :  
- Pada Awal decade 1970-an, ia merantau ke Jakarta untuk merintis usaha.
- Eksistensinya sebagai pengusaha muda terlihat ketika ia terpilih sebagai Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Sumatera Utara (1974) dan Ketua BPP HIPMI (1977-1979).
- Tahun 1975. Ia diangkat menjadi Presiden Direktur PT Ika Mataram, bergerak di bidang catering.
- Sejak tahun 1964, ia bergabung dengan Sekber Golkar.
- Tahun1984 mengalami banyak kendala. Berbagai kebijakan pemerintah yang membelenggu kehidupan pers nasional, menyulitkan berkembangnya bisnis pers menjadi sebuah industri.
- Pada tanggal 18 November 2000, untuk pertama kali Metro TV hadir dihadapan para pemirsa, setelah diresmikan oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Teknologi yang digunakan :
Satelit-satelit yang digunakan oleh Metro TV:
  • PALAPA D
  • SES 7 (INDOVISION)
  • TELKOM 1 (TELKOM VISION)
  • MEASAT 3a (AORA TV SATELIT)
Kegagalan yang pernah terjadi :
Pencabutan SIUPP oleh pemerintah. Terbukti.Koran Prioritasnya mati dalam usia yang terlalu muda. Pemberitaannya dianggap kasar dan telanjang

11.
1.       Bentuk dari usaha  membuat suatu jaket yang digandrungi para remaja dengan keunggulan kualitas yang setara dengan para distro namun harga dibawah para distro dan dapat membuat desain jaket sendiri atau you can create your desain walaupun hanya membeli 1 unit.
1212.keunggulan kualitas yang setara dengan para distro namun harga dibawah para distro dan dapat membuat desain jaket sendiri atau you can create your desain walaupun hanya membeli 1 unit. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar